Seputar Dunia Selular

Gaptek? Kan ada Blog ini yang membahas perkembangan Ponsel dan Teknologinya…

Symbian OS akan Open Source

Posted by Seputar HP pada Jumat - 4 Juli 2008

Kalau tidak ada aral melintang, sebentar lagi system operasi ponsel terbesar (Symbian) akan dijadikan sistem operasi open source. Ide ini diumumkan oleh Nokia yang berencana mengakuisisi 52% saham symbian yang belum mereka miliki. Dalam kesempatan itu, Nokia juga mengumumkan Symbian Foundation. System operasi open source Symbian ini diyakini sebagai penantang Google Android.

Nokia dan juga beberapa produsen ponsel di dunia saat ini sudah menggunakan Symbian sebagai OS dalam ponsel produksinya. Sudah pasti, symbian menempati urutan pertama dalam OS ponsel.

Pengguna Symbian OS

Walaupun pembelian ini masih merupakan rencana, Nokia sudah berkoordinasi dengan pemilik-pemilik Symbian seperti Sony Ericsson, Siemens, Samsung dan Panasonic. Sebanyak 91 % saham symbian yang dimiliki oleh Sony Ericsson, Siemens dan Panasonic sudah menyetujui rencana pembelian oleh Nokia ini. Tinggal menunggu kabar dari Samsung Electonic yang masih belum menjawab surat dari Nokia. Hal ini seperti yang dikutip dari readwriteweb.com.

Kembali ke masalah Open Source, sebenarnya system operasi open source untuk ponsel ini sudah pernah ada sebelumnya. Adalah QTopia yang dioperasikan di CPU ARM yang banyak dipakai di berbagai PDA dan ponsel pintar. Menurut informasi dari TechCrunch, dengan datangnya symbian versi open source ini, sudah ada beberapa ponsel open source.

Open Source OS untuk Ponsel

Android – OS ponsel pintar buatan Google bersifat sangat terbuka dan didesain untuk dipakai di hampir semua perangkat keras dan mengikutkan UI (user interface) yang terbuka, lengkap dengan source code. Untuk konsumen pada umumnya, Android mampu menambahkan fungsionalitas ponsel pintar ke berbagai produk ponsel, termasuk ponsel yang menggunakan OS tidak terdokumentasi seperti Motorola RAZR.

iPhone OS X – Mac OS X menggunakan kernel Mach (walaupun banyak yang menyebut BSD, tetapi sebenarnya Mach adalah sebuah derivatif BSD) dan seperti Linux, bersifat cukup terbuka dan terdokumentasi dengan baik. Akan tetapi, OS ini tidak boleh dijual ke pihak ketiga.

Akan tetapi, alat-alat pemrograman dan SDK (software development kit) iPhone OSX cukup populer dan boleh dipakai secara gratis. Alat-alat ini memastikan agar para pengembang dapat memaksimalkan potensi OS tersebut tanpa harus meraba-raba dalam gelap.

Windows Mobile – sebuah OS tertutup, aplikasi pihak ketiga dapat dibuat dengan menulis program dengan aplikasi seperti Visual C++. Windows Mobile juga dapat menggunakan .NET Compact Framework, mirip seperti .NET yang dipakai di Windows versi PC.

Symbian – saat ini masih belum diklasifikasikan sebagai open source, mungkin sekitar 2 tahun lagi, aplikasi ini akan full open source. Sebagaimana di infokan diatas, Symbian ini merupakan pemakai terbesar OS pada ponsel di dunia.

Sumber: dari beberapa sumber

Satu Tanggapan to “Symbian OS akan Open Source”

  1. masadrians said

    kunjungan balik. makasih udah sudi mampir ke blog saya mas irfan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: