Seputar Dunia Selular

Gaptek? Kan ada Blog ini yang membahas perkembangan Ponsel dan Teknologinya…

Bahaya? SMS Polisi

Posted by Seputar HP pada Sabtu - 12 Juli 2008

Barusan membaca berita tentang polisi bekuk penjahat lewat sms. Kok bisa? Itulah yang pertama terlintas di pikiran saya. Kejadiannya di Amerika Serikat. Menurut detikinet, terbukti setelah setahun diberlakukannya sms laporan tersebut, ada banyak sms yang masuk. Setahun setelah diberlakukan, ada sekitar 678 sms yang masuk, sedikit lebih rendah dari tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 727 sms.

Kepolisian yang pertama menerapkan sistem sms ini adalah Kepolisian Boston dan Cincinati. Penasaran saya belum hilang, kok penjahat bisa ditangkap lewat SMS? Ternyata program ini mendapat dukungan dari warganya. Setiap warga yang mendapat info tentang kejahatan atau buronan atau orang yang dicurigai, mereka mengirimkan SMS ke sentral SMS polisi dan polisi yang akan menindak lanjutinya.

Seperti di negara tersebut yang sudah maju dan kesadaran warga yang tinggi akan kriminalitas, ditambah sosialisasi yang banyak dari Polisi, pemerintahan, LSM atau warga independen yang sukarela menyebarkan informasi kegunaan SMS ini untuk mengurangi kejahatan, program ini akan sangat berhasil diterapkan. Bagaimana dengan Negeri kita ini? Sebenarnya Polisi kita pun sudah memiliki SMS center ini.

SMS 1717, itulah program Kepolisian kita. Program ini juga sudah lama. Jika kita masuk kedalam webnya tersebut, akan kita dapati info tentang SMS ini.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya senantiasa melengkapi dirinya dengan peralatan berteknologi terbaru untuk mendukung kinerja. Pada tanggal 17 January 2005, sistem SMS interaktif menggunakan nomor akses 1717 diluncurkan sebagai salah satu bagian dari SIAP (Sistem Integrasi Aplikasi Polisi). Diharapkan, SMS 1717 dapat mendekatkan Polisi dan masyarakat untuk saling bahu membahu menjaga keamanan, ketertiban lingkungan yang pada akhirnya akan menciptakan lingkungan masyarakat yang tertib, aman dan sejahtera.

Apa program ini berhasil? Saya menilai SMS ini masih kurang disosialisasikan. Bukannya tidak ada kesadaran warga, tapi masih banyak orang yang belum paham dengan fungsi layanan SMS ini. Iklan SMS 1717 ini sudah banyak kita temukan di jalanan. Di Box-box sepeda motor, banyak yang mencantumkan layanan ini selain layanan Half Duplex seperti Handy Talky. Dalam Web diatas, layanan ini kepunyaan Polda Metro Jaya. Bagaimana dengan Polda lainnya? Ada yang tahu?

Demi mengurangi angka kriminalitas, mari kita dukung layanan ini. Laporkan setiap kejadian kriminal yang kita temukan. Hilangkan prikiran negatif tentang citra Polisi yang kurang sigap. Setidaknya kita sudah berusaha untuk mendukung program ini. Ayo Polisi, kita bersama pasti bisa menjaga keamanan ini…

2 Tanggapan to “Bahaya? SMS Polisi”

  1. […] Ditulis oleh Seputar HP di/pada Sabtu – 16 Agustus 2008 SMS YLBHI, itu adalah jenis layanan terbaru yang dikeluarkan oleh YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia). SMS ini adalah jenis SMS premium yang membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi -informasi hukum via ponsel. Dengan tarif Rp.1000,- layanan bisa kita dapatkan melalui SMS ke ponsel kita. Sebelumnya, Kepolisian RI juga sudah menerapkan SMS Polisi. […]

  2. […] SMS YLBHI, itu adalah jenis layanan terbaru yang dikeluarkan oleh YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia). SMS ini adalah jenis SMS premium yang membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi -informasi hukum via ponsel. Dengan tarif Rp.1000,- layanan bisa kita dapatkan melalui SMS ke ponsel kita. Sebelumnya, Kepolisian RI juga sudah menerapkan SMS Polisi. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: