Seputar Dunia Selular

Gaptek? Kan ada Blog ini yang membahas perkembangan Ponsel dan Teknologinya…

Tarif Murah

Posted by Seputar HP pada Minggu - 24 Agustus 2008

Oleh : Bossyana *)

Sesuai dengan apa yang diprediksi-kan oleh para pengamat selular di Indonesia bahwa dunia seluler di Indonesia akan berkembang pesat beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2004. Provider Global System for Mobile Communication (GSM), seperti: Telkomsel, Indosat, XL, AXIS dan Code division multiple access (CDMA), Fren, Tekomflexi, esia, smart, dll. Kini saling bersaing memberikan pelayanan yang semurah mungkin bagi para pelanggannya.

Sebelum membahas mengenai dunia seluler di Indonesia, penulis merasa perlu memaparkan pengertian singkat mengenai GSM dan CDMA, sebagai penambah wawasan bagi pembaca, walaupun penulis menganggap sebagian besar pembaca telah mengetahuinya. Namun tak salah juga bila penulis mengulasnya sedikit guna untuk flash back memory us (mengingat kembali ingatan kita)🙂🙂,😉.

Pengertian CDMA adalah sebuah bentuk pemultipleksan, yaitu: mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.

CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekuensi, menyulitkan Jerman untuk menangkap sinyal yang lengkap.

Sejak itu CDMA digunakan dalam banyak sistem komunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi. Sistem terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcomm, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handoff dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

Sementara itu GSM, merupakan sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada mobile communication, khususnya handphone. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Penyedia browser Opera, dalam Laporan “Perkembangan Web Seluler” tanggal 20 mei 2008 lalu, mengungkapkan bahwa hampir 40% trafik jaringan sosial (social network) diakses melalui Web seluler. Hal ini menunjukkan adanya pertumbuhan yang sangat pesat pada jumlah konsumen yang mengakses Web dari perangkat seluler mereka dan memberikan gambaran terhadap preferensi konsumen secara keseluruhan saat menjelajah dari ponsel mereka.

Setelah para provider penyedia jasa seluler dalam menggaet para pelanggan barunya dan mempertahankan pelanggan lamanya, dengan menerapkan konsep barunya dalam memasarkan produknya, dalam menjalankan Network Operation Management, New Product Development, dan Sales & Distribution Management.

Masyarakat Indonesia kini bagai terhipnotis iklan-iklan yang ditawarkan oleh setiap provider seluler, seakan-akan biaya penggunaan jasa ber-telekomunikasi mereka (para pelanggan tiap provider, red) murah.

Namun pada kenyataannya, para provider melakukan trik supaya “dianggap murah” padahal sama saja. Penyedia jasa ini tetap meraup keuntungan yang cukup besar. Sebab penulis menduga sebagian besar pelanggan jasa seluler ini terbius oleh opini publik yang dibuat oleh provider mereka.

Tapi apabila mereka jeli dan pandai menerapkan strategi pemakaian biaya telekomunikasi sesuai dengan yang ditawarkan provider mereka. Insya Allah, mereka akan merasakan manfaatmya.

Maka mulai dari sekarang, bijaklah terhadap penggunaan telepon seluler Anda, gunakan sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan, agar biaya ber-telekomunikasi Anda tidak membengkak.

===========

*) Web admin CyberMQ.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: