Seputar Dunia Selular

Gaptek? Kan ada Blog ini yang membahas perkembangan Ponsel dan Teknologinya…

Sebuah Review pemakaian Flash

Posted by Seputar HP pada Rabu - 27 Agustus 2008

Sekedar sharing informasi tentang pemakaian Telkomsel Flash, sekaligus menjawab email dari salah seorang pelanggan milis. Review ini bukan untuk mematahkan semangat yang baru berlangganan atau untuk menjelekkan Flash atau untuk sekedar sok tahu. Review ini hanya untuk (mungkin) salah satu bahan pertimbangan untuk Flash. Siapa tahu, Flash makin bertambah baik setelah membaca review saya ini🙂 (pede abis mode: on)

Pemakaian Flash saya    hanya sebatas pemakaian PAY AS YOU GO atau yang pakai kuota kecil. Saya belum nyoba untuk yang Unlimited karena ada beberapa pertimbangan. PAY AS YOU GO saya pakai hanya untuk melihat kecepatan akses internet di rumah saya. Ternyata setelah saya menggunakan sistem PAY AS YOU GO, saya cenderung untuk menunda berlangganan Flash Unlimited. Kenapa? Jaringan sering down, gak stabil dan walaupun 3.5G bisa tercover, sangat susah mendapatkan kecepatan yang “mengagumkan” itu. Sering saya dapat GPRS dan 3G doang.

Setelah nyari informasi kesana kemari, ternyata memang demikian kelemahan Flash. Bukan bermaksud menjelekkan layanan Flash, tapi ini kenyataan yang harus dipertimbangkan sebelum berlangganan. Bahkan saya dapat info dari beberapa forum yan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Telkomsel Flash. Berikut saya kutip sebagian pendapat mereka:

Kelebihannya banyak, kekurangannya juga banyak.

Kelebihannya:
1. Lebih mahal biaya per jam-nya (khususnya yang PAY as YOU GO),
2. Lebih tidak stabil, sering putus-putus dan putus, sering ngedrop dari 3G ke EDGE ke GPRS ke mati,
3. Lebih sempit jangkauannya (khusus HSPDA-nya)
4. Lebih curang,  sisa waktu sering hilang, yang mustinya bisa secara otomatis ditambahkan ke bulan berikutnya. Langganan bulannya sih otomatis (maksa telkomselnya), tapi sisa waktunya dihangusin.
5. Lebih lambat, khusus-nya berasa banget kalo lagi jam sibuk, he..he.. siapa yang tidak??
6. Lebih konsisten dan tertib tagihannya, tetap nagih walau dah dibatalin langganan.
7. Lebih susah di-hack / dibobol.🙂

Kekurangannya:
1. Kurang ajar, maunya otomatis diperpanjang langganannya, tapi sisa waktu kita dihangusin.
2. Kurang tau diri, dah tau pemakainya banyak tapi gak mau expansi atau tambah bandwidth. <== Jawabannya selalu dalam perbaikan
3. CS yang susah untuk dihubungi, dan banyak CS yang tidak mengerti teknis penyelesaian masalah
4. Kurang lama waktu langganannya.
5. Kurang banyak diskonnya (eh, emang gak ada ya??!!)
6. Kurang . . . . . ya .. .. . . gitu deh, kurang muasin pelanggan

Itu baru dari salah satu orang. Nah, ada lagi yang membuat perhitungan tertentu karena puas menggunakan Flash.

menurut gue, flash masih lebih reasonable ketimbang IM2. Gini itungannya :

– paket 100.000 = 24 jam.
– asumsi kecepatan cuma 3G = 384kbps MAX = 48 KB/s max.
– asumsi kecepatan maksimum cuma 30 KB/s.

kalau download penuh selama 1 jam = 30 KB/s x 3600 s = 108.000 KB = 108 MB.
Nah, kalau 1 jam, biaya = 100.000/24 = Rp 4167,- /jam.

Dari sini dapat biaya per KB nya = 4167 / 108.000 = Rp. 0.03/kb.

Bandingkan dengan IM2, yang biaya/kb nya berkisar antara Rp 0.22/kb ~ 0.5/kb.

Please diingat, gue meng asumsikan FLASH baru 3G, belum 3.5G/HSDPA. Kalau menggunakan HSDPA (3.6 Mbps = 450 KB/s), maka biaya / kb FLASH akan benar-benar kecil, sekitar Rp. 0.005/kb.

so… gue bukan sales TELKOMSEL FLASH. Data-data diatas adalah data2 sebenarnya, so… buat gue, biarpun FLASH gak dapet 3.5G, dia udah lebih menguntungkan ketimbang IM2……..

Masalah kualitas… ya… standarlah internet indonesia, ajrut-ajrutan… kadang cepet, kadang pelan, kadang malah mati sama sekali… (cappeee deehhh…..).

Ada juga yang pernah ngasih pengalaman pertama langganan unlimited Flash di postingan saya sebelumnya.

Saya sudah mencoba mendaftar di Grapari telkomsel untuk pendaftaran internet unlimited dan ternyata tgl 2 juni 2008 status internet unlimited saya dr telkomsel sdh aktif informasinya dr Grapari, dan sdh bisa saya gunakan, dgn pilihan initernet unlimited yg Rp 125rb/bln kecptn 256k tanpa modem, karena saya pake modem sendiri. Setelah mengetahui setatus aktif, internet langsung saya gunakan dan kecepatanya memang lebih cepat dari koneksi internet sy sebelmunya, Puas deh dgn kecepatnnya, akhirnya bs internetan sepuasnya dgn kecepatan yg lumayan tinggi.setelah saya selesai internet, sy coba cek “halo cek” saya *887# eh ternyata kena biaya GPRS sebesar Rp 120rb-an, WUUIIIHHHHH……kaget bkn kepalang, akhirnya sy konfirm ke call center 111 katanya disuruh mengabaikan saja karena biaya itu tdk akan masuk pada tagihan bulan depannya & Biaya itu hanya sekedar tampilan saja. Ok deh….agak tenang hati sy, tp saya masih ragu….keesokan hari saya coba cek ke Grapari tempat saya daftar, ternyata pendapat di grapari beda dgn Call center 111, kata org Grapari “seharusnya biaya GPRS itu tdk muncul, klo internet unlimitednya sdh aktif” sambil ber-debar2 jantung saya (wah kebobolan nih)Padahal modem saya sudah saya setting sesuai petunjuk dari pihak Telkomsel & bahkan siang tadi saya disuruh ke Grapari bawa laptop & Modem saya untuk di setting sm IT grapari, Tp tetap gak ada Hasil. Yg saya heran kok bs satu perusahaan mempunyai pendapat yg berbeda, & Lebih hebohnya lg … Kata org Grapari- saya disuruh bayar biaya GPRS sy yg Rp 120rb itu…wah ya saya gak mau…& sy minta pertanggung jawaban mereka donk…Trus apa gunanya sy bayar unlimited Rp 125rb tp masih kena biaya GPRS-nya. Akhirnya sy minta konfirm dr Pihak Grapari, & saya gk mau bayar biaya GPRS itu. & sampai saya tulis postingan ini Internet unlimited saya masih ter-katung2 nasibnya, gak jelas.Udah 2 hr ini sejak tgl 2 juni 2008 internet unlimited sy gak boleh digunakan menunggu Konfirm dr Grapari. Tadinya sy mau membatalkan saja program ini, tp tetap kena biaya Rp 125rb, gak jd deh dibatalkan & sy masih menunggu konfirm dr Grapari. Yaahh…ini sekedar Info saja bg teman2, teliti sebelum membeli, pastikan Anda Konfirmasi dulu dr Grapari gmn cara setingnya, dll-nya. & semoga layanan dr telkomsel ini memang benar2 siap diluncurkan & bs dinikmati oleh kalayak umum, & BUKAN PROGRAM UJI COBA yg pada akhirnya sy menjadi korban. Trimakasih.

Komentar selanjutnya Hasil Follow up masalah diatas

Pada Tanggal 4 Juni 2008 Jam setengah 9 pagi tadi, sy di telpon oleh orang Grapari, untuk meluruskan masalah sy dalam penggunaan internet unlimited dr telkomsel, Kata org Grapari “ternyata pemakaian internet unlimited telkomsel itu memang dihitung dalam biaya GPRS yg Rp 12,-/kb, Tapi nantinya biaya ini akan di hapus atau di nol-kan sehingga tdk akan masuk ke biaya dalam tagihan bulan berikutnya dgn kata lain yg dibebankan adalah hanya biaya internet unlimited-nya yg Rp 125rb itu.Sehingga sy beranikan diri untuk pemakaian unlimited-nya sampai dgn sy menuliskan postingan ini. Harapan saya semoga benar apa yg dikatakan org Grapari itu, sehingga kita bisa menikmati fasilitas internet Unlimited dr telkomsel. Intinya ini hanya info buat teman2 semua….sekali lg…teliti sebelum membeli, Betul2 Tanyakan ke Grapari terdekat di tempat Anda klo Anda ingin mendaftar, sehingga nantinya Anda Nyaman dgn program dr telkomsel ini karena kecepatannya tdk diragukan dgn harga yg relatif murah itu.

Akhirnya, segala keputusan diserahkan ke Anda sendiri. Mau menggunakan Flash atau tidak. Review diatas, ada yang pro dan ada yang kontra serta ada pengalaman pertamanya. Bagimana dengan anda?

Silahkan tinggalkan komentarnya!

.

Satu Tanggapan to “Sebuah Review pemakaian Flash”

  1. suryana said

    pengalaman saya sama, flash sangat mengecewakan parahnya lagi cs nya gak ngerti teknisnya, inget yang diiklankan dong,

Tinggalkan Balasan

 
