Seputar Dunia Selular

Gaptek? Kan ada Blog ini yang membahas perkembangan Ponsel dan Teknologinya…

SeputarHP diwawancarai?

Posted by Seputar HP pada Senin - 1 September 2008

SeputarHP diwawancarai oleh Mas Ilman si founder dan pemilik blog ayongeblog.com. Berikut saya copy pastekan publikasi ayongeblog tentang wawancara ini:

Sejak diluncurkan pada awal bulan Agustus, blog aggregator untuk para blogger pendatang baru yang bernama Indonesia, Ayo ngeBlog! ini alhamdulillah sudah mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari para blogger Indonesia. Pada saat tulisan ini ditulis, kurang lebih ada hampir 30 buah blog yang di-aggregate di sana.

Dari semua blog yang saja baca lewat Indonesia, Ayo ngeBlog!, ada satu blog yang cukup menarik perhatian saya. Menarik perhatian, karena topik-topik tulisan yang ada di blog tersebut berbeda dan spesifik (niche), yaitu tentang handphone dan dunia selular. Blog tersebut adalah Seputar Dunia Selular.

Setiap dari kita (hampir) pasti punya handphone bukan? Nah, hal-hal unik dan menarik tentang handphone dan dunia di sekitarnya berhasil diangkat dengan singkat dan menarik oleh Mas Irfan Z., pembuat blog Seputar Dunia Selular tersebut. Oleh karena itu, Ayo ngeBlog! mencoba mewawancarai beliau, ingin belajar sekaligus mendapatkan inspirasi dari beliau, untuk dibagi lagi kepada teman-teman pembaca Ayo ngeBlog! semuanya.

Kepada Ayo ngeBlog!, mas Irfan menceritakan kisah awalnya ngeBlog dan caranya mengatasi kesulitan dalam aktivitas ngeBlognya.

Kapan awalnya ngeBlog Mas? Bagaimana proses ‘perkenalan’ Mas dengan media online ini, dan kenapa ngeBlog?

Saya mulai nge-blog pada tanggal 27 Mei 2008 ini. Saya ingin berpartisipasi dalam rangka 100 tahun kebangkitan Nasional dengan membuat blog yang berguna bagi yang lain. Namun sayang, saya baru bisa “launching” blog tanggal 27 Mei atau seminggu setelah tanggal besar tersebut.

Awalnya hanya membaca blog senior dan melakukan diskusi maya dengan senior tersebut, saya disarankan untuk belajar ikut membuat dan mengelola blog dari blog hosting yang gratis. Atas saran mereka juga saya memilih topik yang spesifik. Akhirnya pilihan saya tertuju pada dunia selular. Alasan nge-blog ini hanya sekedar sharing ilmu dan mencari teman.

Apa kesulitan (boleh yang berhubungan dengan teknis ngeblog atau nonteknis) yang dihadapi selama ngeBlog? Bagaimana cara mengatasinya?

Kesulitan saya yang utama adalah cara membagi waktu antara nge-blog dengan kewajiban lainnya. Saat ini saya bekerja dan blog saya buat disela-sela pekerjaan tersebut. Cara mengatasinya, awalnya saya coba merangkum materi-materi dalam media penyimpanan elektronik, saya baca disela-sela waktu dan juga dirumah. Dan difinalisasi di rumah dengan membuat draft posting untuk dikirimkan pagi harinya di kantor )
Untuk sekarang, saya kadang-kadang online dari rumah. .

Topik blognya yang spesifik/khusus/niche (yaitu tentang dunia selular) ini sangat disarankan oleh banyak blogger, karena memberikan keuntungan dibandingkan memiliki topik blog yang umum. Mas Irfan pun bercerita tentang topik blognya yang khusus ini:

Bisa ceritakan tentang blog Seputar Dunia Selular? Apa saja isinya, dan apa yang pengunjung bisa dapatkan dari sana? Sasaran pembaca blog ini dari kalangan apa?

Blog ini saya khususkan untuk membahas masalah selular, walaupun ada topik diluar selular yang saya posting. Alasan saya memilih topik ini adalah untuk membuat “one stop information blog” tentang dunia selular dengan harapan pengunjung bisa mendapatkan ilmu dari berbagai posting yang saya buat yang saya rangkum dari info-info media cetak, situs internet dan informasi-informasi lainnya. Saya tidak mengkhususkan pada sasaran pengunjung tertentu. Siapa saja bisa mengakses blog ini.

Kenapa membuat blog dengan topik khusus tentang ini?

Ide dasarnya dari ketertarikan saya di bidang selular dan makin banyaknya tabloid yang membahas masalah serupa. Dari tabloid-tabloid tersebut, masalah yang dibahas tidak terlalu jauh berbeda pada tabloid satu sama lain. Dari sinilah saya ingin menghimpun berbagai materi tentang dunia selular yang berasal dari berbagai sumber dengan gaya bahasa yang ringan. Bukan bermasud mengambil pelanggan tabloid tersebut, saya percaya masing-masing media memiliki pelanggan setia. Lagi pula, tidak semua orang bisa mengakses internet!

Mas Irfan adalah seorang blogger yang visioner, yang memiliki tujuan besar dari aktivitas ngeBlognya. Kita perlu belajar dari Mas Irfan untuk bisa seperti ini, agar blog kita tidak statis gitu-gitu aja.

Apa rencana ke depan terkait dengan aktivitas ngeBlognya?
Rencana kedepannya, tentu meningkatkan content dan traffic blog ini. Konsisten dengan topik yang ada, memperluas perkenalan sambil mempromosikan blog. Setelah blog saya di hosting gratis ini mulai dikenal banyak orang, saya jadikan “foyer” untuk blog saya yang baru. Saya pasang banner untuk memperkenalkan blog baru saya di blog ini serta memperbanyak link ke blog saya yang baru. Sehingga harapan saya, selain blogwalking, memberikan komentar dengan menggunakan identitas baru, saya tetap dikunjungi oleh pengunjung seputarhp karena mulai diarahkan ke blog baru yang hosting tersendiri. Nah, setelah ini baru saya lanjutkan dengan Pre-selling trus monetise Blog. Pilar CTPM ini yang ingin saya kejar. Tapi bukan berarti langkah-langkah saya tersebut dengan gampang diraih. Saya sadar, perlu banyak usaha untuk kearah tersebut.

Dan terakhir, untuk memotivasi kita semua yang sudah menjadi blogger dan pengguna internet yang kebetulan membaca tulisan ini dan belum menjadi blogger, mas Irfan membagi manfaat yang dia dapatkan setelah menjadi blogger.

Apa manfaat yang Mas sudah dapatkan setelah ngeBlog?
Sesuai tujuan utama saya untuk sharing ilmu dan mencari teman, manfaat ini sudah banyak berguna bagi saya. Dari yang sebelumnya hanya membaca blog orang lain dan mendapatkan ilmu darisana, sekarang bisa mencoba menuai pahala dengan menyebarkan ilmu langsung di blog. Secara psikologis, saya mendapatkan kepuasan dan manfaat yang tidak ternilai harganya. Dari segi sosialita, saya mendapatkan teman-teman dan saling bersilaturrahmi ke masing-masing blog.

Terimakasih banyak Mas Irfan, semangat dan sukses ya! Buat kita semua para blogger, Ayo ngeBlog!

=========

Thanks Mas Ilman atas kesempatan ini. Sukses selalu..

2 Tanggapan to “SeputarHP diwawancarai?”

  1. nuggix.com said

    jadi iri nih…😀 kapan ya… aku diwawancarai😀

    Aku juga gak nyangka diwawancarai..

  2. arista said

    duh seneng nya… selamet deh.. memang layak kok anda di wawancara

    Thanks ya…🙂

Tinggalkan Balasan

 
